Tuesday 24 April 2012

Psikologi

    Psikologi
=>Studi limiah mengenai perilaku dan proses mental(psychology is the scientificof behavior and mental proses)(papalia&olds,1985;Weber,1992).

Proses mental yang terjadi walaupun tak dapat di amati secara langsung, seperti orang memersepsi,berfikir ,mengingat,dan merasa.

Untuk menjelaskan perilaku manusia dalam menanggapi lingkungannya, manusia mempunyai 4 reaksi dasar :
1.    Reaksi instrumental, yaitu berupa tindakan/ yang menyangkut gerakan,spt berjalan,makan,berbicara.
2.    Reaksi kognitif.sistem reaksi ini terdiri dari berfikir, membuat rencana, berimajinasi.
3.    Reaksi afektif;termasuk dalam sistem ini adalah perilaku emosional, baik yang positif(gembira),yang negatif(sedih).yang lembut maupun yang keras (sangat marah).
4.    Reaksi persepsi,rekasi yang melibatkan satu atau lebih alat indra kita,seperti penglihatan,penciuman,pendengaran,kepekaan terhadap rasa sakit.
Menurut papalia &old (1985),kajian psikologi memiliki 4 tujuan:
1.    Deskripsi;artinya psikologi memberikan informasi tentang apa yang sedang terjadi .Ex:melalui deskripsi kita mengetahui bahwa ada hub. Antara tingkat pendidikan dan usia seseorang;makin tinggi pendidikan seseorang,makin panjang usia orang tersebut.Kita tidak tahu mengetahui hub. Itu terjadi ,kita hanya mengetahui bahwa hub. Itu ada.
2.    Eksplanasi;tujuan ini merupakan tahap lanjutan dari tujuan pertama, yakni untuk menjawab pertanyaan “mengapa”Psikologi memberikan informasi tentang mengapa sesuatu  terjadi.Dalam contoh  yang sudah disebutkan di atas, mungkin saja bahwa orang yang berpendidikan tinggi memiliki usia yang lebih panjang karena mereka hidup lebih baik dan karena mereka lebih tahu tentang apa yang harus dikerjakan jika mereka sakit/mungkin saja hubungan itu terjadi karena ada faktor ketiga,Ex;kekayaan;kekayaan inilah yang digunakan untuk pendidikan dan perawatan kesehatan.
3.    Prediksi;artinya psikologi bertujuan untuk meramalkan peristiwa yang terjadi di masa depan berdasarkan peristiwa-peristiwa yang terjadi sebelumnya.Misalnya, tes IQ di gunakan untuk memprediksikan keberhasilan siswa di sekolah.
4.    Modifikasi atau kontrol;tujuan ini adalah untuk mengubah atau mengontrol perilaku.Hal yang dilakukan adalah memodifikasi(melakukan sesuatu terhadap)lingkungan untuk memperoleh perilaku yang di antisipasikan (telah diharapkan/diperhitungkan sebelumnya).Misalnya,dalam contoh yang sudah disebutkan pada butir 3,apabila tes IQ menunjukkan siswa pemilih taraf kecerdasan yang tinggi,tetapi prestasi belajarnya sangat rendah maka perlu di lakukan terapi tertentu untuk mengoptimalkan fungsi kecerdasannya.


Ke empat tujuan ini saling berkaitan satu sama lain. Sebelum kita mengubah perilaku orang lain, kita membuthkan deskripsi akurat tentang perilaku tersebut,eksplanasi tentang perilaku tersebut serta berbagai konsekuensinya,dan sejumlah dasar untuk  memprediksi hasil dari perubahan perilaku tersebut.

No comments:

Post a Comment