Tuesday 24 April 2012

Faktor-faktor personal dan situasional yang mempengaruhi perilaku manusia

Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku manusia ada 2,yaitu faktor personal dan faktor situasional.Faktor personal terdiri dari faktor biologis dan faktor sosiologis.
Faktor biologis menekankan pada pengaruh struktur biologis terhadap perilaku manusia. Pengaruh biologis ini dapat berupa insting atau motif biologis. Insting,misalnya agresivitas,merawat anak. Adapun motif biologis,misalnya kebutuhan makan, minum.


Faktor personal lainnya adalah faktor sosiopsikologis. Menurut pendekatan ini, proses sosial seseorang akan membentuk beberapa karakter yang akhirnya akan mempengaruhi perilakunya. Karakter ini terdiri dari 3 komponen,yaitu komponen afektif ,komponen kognitif, dan kompozdsnen konatif.
Komponen afektif merupakan aspek emosional dari faktor sosiopsikologis. Dalam komponen ini tercakup motif sosiogenesis,sikap, dan emosi. Komponen kognitif berkaitan dengan aspek intelektual,yaitu apa yang diketahui manusia. Komponen kognitif dari faktor sosiopsikologis adalah kepercayaan. Adapun komponen konatif dari faktor sosiopsikologis berkaitan dengan aspek kebiasaan dan kemauan bertindak.
Adapun faktor lain yang mempengaruhi perilaku manusia adalah faktor situasional. Menurut pendekatan ini, perilaku manusia dipengaruhi oleh lingkungan dan situasi. Faktor-faktor situasional tersebut berupa faktor ekologis,faktor sosial, lingkungan psikososial, dan stimuli yang mendorong, serta memperteguh perilaku.


Glosarium:

Psyco therapeutic    :
terapi/penyembuhan dengan menggunakan teknik-     teknik untuk menggali alam bawah sadar manusia   yang dilakukan oleh psikoanalisis dengan cara hipnotis.

Species characteristic behavior :
Perilaku manusia yang merupakan bawaan yang sering disebut naluri/insting.

No comments:

Post a Comment